VTEM skitter

Property Appraisal

The best ideas for your successful property appraisal
VTEM skitter

Business Valuation

Business Valuation Consultancy
VTEM skitter

Asset Management

Optimise your assets and increase your income
 

Indonesian Valuer

Professional property valuer and business valuer provide various types of service, such as undertaking valuation on assets for various purposes.

Jasa Penilaian Properti dan Usaha Terus Berkembang

Dunia penilaian selalu berkembang selaras dengan perkembangan dunia perekonomian. Mengapa demikian? Karena teori penilaian itu merupakan pengembangan proporsional dari teori ekonomi. Prinsip utility, scarcity, desire, demand & supply merupakan dasar dari nilai.

Appraisal & Penilai Indonesia

Dunia penilaian selalu berkembang selaras dengan perkembangan dunia perekonomian. Mengapa demikian? Karena teori penilaian itu merupakan pengembangan proporsional dari teori ekonomi. Prinsip utility, scarcity, desire, demand & supply merupakan dasar dari nilai.

Penilaian Properti

Dalam penilaian maka nilai yang dirujuk selalu nilai pasar, yaitu nilai yang terbentuk dari kekuatan demand dan supply di pasar bebas, tanpa adanya intervensi dari siapapun dalam kondisi pasar yang normal (bukan di tengah resesi ataupun pasar yang booming). Dengan diakomodasikannya IAS 98 maka konsep nilai wajar sebagai pengganti dari nilai perolehan juga digunakan dalam dunia penilaian. Tetapi nilai wajar ini tidak selalu identik dengan nilai pasar. Pelaksanaan penilaian juga harus mengakomodasikan jenis property yang dinilai. Propperty yang menghasilkan income harus dinilai dengan pendekatan pendapatan, namun pendekatan yang mana? Apakah pendekatapan pendapatan dalam penilaian properti atau penilaian bisnis? Nah inilah yang menarik. Dalam penilaian properti maka yang dinilai adalah real property, yaitu hak yang sah yang melandasi penguasaan fisik atas tanah tersebut dan semua yang melekat di atas dan dibawah tanah tersebut baik bangunan maupun pohon ataupun konstruksi lain namun tidak termasuk tambang atau mineral yang ada didalam tanah dan udara di atasnya.

Standar Penilaian Indonesia (SPI) 2014 yang mengacu kepada standar internasional (International Valuation Standard/IVS) dalam PPPI 15, Penilaian Properti dengan Bisnis Khusus menjawab pertanyaan tersebut. Properti dengan Bisnis Khusus (PBK)-Trade Related Property (TRP) adalah properti individual seperti hotel, restoran, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yang dapat berpindah kepemilikannya dalam keadaan beroperasi. Properti ini mencakup tidak hanya tanah dan bangunan tetapi juga perabotan dan perlengkapan serta komponen bisnis yang dibentuk oleh aset tak berwujud, termasuk goodwill yang dapat dialihkan. PPPI 15 ini memberikan panduan penilaian PBK sebagai properti yang beroperasi dan alokasi nilai dari PBK ke dalam komponen utamanya. Nah jadi dalam menilai PBK tersebut tehnologi yang digunakan harus penilaian bisnis, bukan penilaian properti kecuali untuk jenis income producing property yang bukan PBK.

Penilaian Usaha/Bisnis

Penilain usaha/bisnis merupakan pengembangan lebih lanjut dari penilaian properti. Penilaian bisnis diperkenalkan di Amerika Serikat dalam penilaian goodwill pabrik bir yang harus ditutup karena dilarang pasca resesi ekonomi dunia tahun 1938. Penilaian bisnis menilai kepentingan (interest) yang ada pada perusahaan. Kepentingan yang dinilai bisa berupa saham perusahaan baik yang mayoritas maupun yang minoritas. Nilai perusahaan yang dinilai bisa merupakan nilai ekuitas saja ataupun nilai investasi (Market Vaue of Investment) yang merupakan nilai seluruh modal yang ditanamkan dalam perusahaan yang mencakup ekuitas dan long term debt. Selain itu kepentingan yang dinilai juga bisa berupa aset tidak berwujud seperti good will, pool of employee, pool of customers, trading contract dan sebagainya.

Disamping itu maka pemilik bisnis sering kali berkepentingan untuk mengetahui apakah transaksi yang telah dilakukan itu fair atau tidak dan apakah memberikan nilai tambah? nah apabila jasa ini yang diperlukan maka penilai dapat menyediakan jasa yang disebut dengan Fairness Oppinion. Jasa lainnya adalah Project Management, Feasibility Study, Property Optimization. dll. Karena penilai juga merupakan profesi penunjang pasar modal maka penilaian juga diperlukan dalam proses go public perusahaan tertutup menjadi perusahaan publik.

 

Penilaian Properti

Dunia penilaian selalu berkembang selaras dengan perkembangan dunia perekonomian. Mengapa demikian? Karena teori penilaian itu merupakan pengembangan proporsional dari teori ekonomi.

Read more
 

Penilaian Usaha/Bisnis

Penilain usaha/bisnis merupakan pengembangan lebih lanjut dari penilaian properti. Penilaian bisnis menilai kepentingan (interest) yang ada pada perusahaan. Simak lebih lanjut mengenai penilaian usaha di web kami.

Read more
 

Manajemen Aset

Manajemen aset adalah kombinasi dari manajemen, keuangan, ekonomi, tehnik mesin dan praktek kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan agar mampu menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efesien.

Read more
 

Pelatihan Penilaian

Pendidikan dan pelatihan penilaian usaha akhir-akhir menjadi semakin diperlukan mengingat perkembangan dunia penilaian yang menempatkan obyek penilaian masuk ke dalam ranah penilaian usaha.

Read more

Indonesia Valuation Consultancy

  • Accounting of goodwill and valuation

    Intangible assets have been argued to be one possible contributor to the disparity between company value as per their accounting records, and company value as per their market capitalization.[1] Considering this argument, it is important to...

    DCF Valuation Method

    Valuation using discounted cash flows In finance, discounted cash flow (DCF) analysis is a method of valuing a project, company, or asset using the concepts of the time value of money. All future cash flows are estimated and discounted by using cost of...

    Fairness Oppinion

    Fairness opinion (FO) adalah sebuah surat yang dibuat oleh penilai usaha yang berisi pernyataan apakah suatu transaksi atau pertimbangan yang digunakan atau syarat-syarat yang digunakan dalam transaksi itu wajar atau tidak. Namun demikian,...
  • FO Kapan Dibutuhkan

    Secara umum fairness opinion diartikan sebagai a professional evaluation by an investment bank or other third party as to whether the terms of a merger, acquisition, buyback, spin-off, or going private are fair.

    JEBAKAN BATMAN SPI 201 PENILAIAN UNTUK LAPORAN KEUANGAN

    JEBAKAN BATMAN  SPI 201 PENILAIAN UNTUK LAPORAN KEUANGAN     SPI 201 berikut Juknisnya menuntun penilai dalam melakukan penilaian asset berwujud untuk tujuan laporan keuangan dan dapat juga digunakan sebagai rujukan dalam melaksanakan revaluasi aset...

    Manajemen Aset

    Manajemen aset adalah kombinasi dari manajemen, keuangan, ekonomi, tehnik mesin dan praktek kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan agar mampu menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efesien.