VTEM skitter

Property Appraisal

The best ideas for your successful property appraisal
VTEM skitter

Business Valuation

Business Valuation Consultancy
VTEM skitter

Asset Management

Optimise your assets and increase your income
 

Indonesian Valuer

Professional property valuer and business valuer provide various types of service, such as undertaking valuation on assets for various purposes.

 

Pajak Progresif Lahan Nganggur

 

Ilustrasi (Foto: Antara)

 

Pemerintah telah memutuskan akan memajaki lahan nganggur alias tidak produktif pada berbagai daerah di Indonesia. Aturan ini tengah dibahas pada jajaran Kementerian Keuangan dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Alasan dari penerapan kebijakan ini adalah karena terdapat kelompok-kelompok yang selama ini memanfaatkan lahan untuk meraup keuntungan dengan  membiarkan lahan kosong, menganggur dengan harapan harganya akan naik (Detik.com).

 

Namun Wakil Ketua Aprindo Tutum Rahanta mengatakan agar pemerintah berhati-hati dalam menerapkan kebijakan ini. Pasalnya, tidak semua orang memiliki tanah dengan maksud untuk melakukan spekulasi. Misalnya bisa saja karena tidak mau uangnya disimpan di Bank makanya dibelikan tanah. Namun, pengusaha mendukung upaya pemerintah memajaki lahan nganggur dengan tujuan untuk membatasi kepemilikan lahan pada sektor tertentu. Dengan begitu, maka kepemilikan lahan dapat tersebar secara merata. Tujuannya benar, tapi jangan dipaksakan sehingga orang miskin misalnya yang memiliki lahan lalu dijual karena tidak bisa membayar pajak.

 

Sebenarnya permasalahan ini tidak akan muncul bila pemerintah mengefektikan ketentuan UU Pokok Agraria yang melarang kepemilikan tanah in absensia, yaitu kepemilikan tanah di luar kecamatan seseorang itu bertempat tinggal. Di kecamatan yang sama dengan tempat tinggalnya, kepemilikan tanah juga dibatasi berdasarkan kepadatan penduduk dan kesuburan tanah. Dengan demikian, kepemilikan tanah di Jakarta yang padat penduduknya akan menjadi sangat terbatas dan ketentuan ini melindungi penduduk Jakarta lainnya untuk bisa memiliki tanah di Jakarta. Inilah keadilan social yang ingin dikembangkan namun saying tidak efektif dijalankan oleh pemerintah.

 

Kepemilikan tanah yang luas saat ini dilakukan oleh para pengusaha super kaya yang penguasaannya dimanfaatkan untuk mengkokohkan dirinya sebagai orang super kaya. Namun yang terjadi justru menimbulkan ekses negative yang merugikan, misalnya dengan berupaya agar tanah yang dikuasainya itu nilainya terus naik dengan melakukan revaluasi. Dengan kenaikan nilai yang menjadi obyek PPn, pemiliknya seyogyanya secara suka rela melaporkan capital-gainnya itu ke Ditjen Pajak untuk memenuhi kewajibannya membayar pajak guna membiayai pembangunan ekonomi nasional yang secara tidak langsung akan mendukung keinginannya, yaitu naiknya nilai tanah yang dimiliki.

 

 

 

Penilaian Properti

Dunia penilaian selalu berkembang selaras dengan perkembangan dunia perekonomian. Mengapa demikian? Karena teori penilaian itu merupakan pengembangan proporsional dari teori ekonomi.

Read more
 

Penilaian Usaha/Bisnis

Penilain usaha/bisnis merupakan pengembangan lebih lanjut dari penilaian properti. Penilaian bisnis menilai kepentingan (interest) yang ada pada perusahaan. Simak lebih lanjut mengenai penilaian usaha di web kami.

Read more
 

Manajemen Aset

Manajemen aset adalah kombinasi dari manajemen, keuangan, ekonomi, tehnik mesin dan praktek kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan agar mampu menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efesien.

Read more
 

Pelatihan Penilaian

Pendidikan dan pelatihan penilaian usaha akhir-akhir menjadi semakin diperlukan mengingat perkembangan dunia penilaian yang menempatkan obyek penilaian masuk ke dalam ranah penilaian usaha.

Read more

Indonesia Valuation Consultancy

  • Accounting of goodwill and valuation

    Intangible assets have been argued to be one possible contributor to the disparity between company value as per their accounting records, and company value as per their market capitalization.[1] Considering this argument, it is important to...

    DCF Valuation Method

    Valuation using discounted cash flows In finance, discounted cash flow (DCF) analysis is a method of valuing a project, company, or asset using the concepts of the time value of money. All future cash flows are estimated and discounted by using cost of...

    Fairness Oppinion

    Fairness opinion (FO) adalah sebuah surat yang dibuat oleh penilai usaha yang berisi pernyataan apakah suatu transaksi atau pertimbangan yang digunakan atau syarat-syarat yang digunakan dalam transaksi itu wajar atau tidak. Namun demikian,...
  • FO Kapan Dibutuhkan

    Secara umum fairness opinion diartikan sebagai a professional evaluation by an investment bank or other third party as to whether the terms of a merger, acquisition, buyback, spin-off, or going private are fair.

    JEBAKAN BATMAN SPI 201 PENILAIAN UNTUK LAPORAN KEUANGAN

    JEBAKAN BATMAN  SPI 201 PENILAIAN UNTUK LAPORAN KEUANGAN     SPI 201 berikut Juknisnya menuntun penilai dalam melakukan penilaian asset berwujud untuk tujuan laporan keuangan dan dapat juga digunakan sebagai rujukan dalam melaksanakan revaluasi aset...

    Manajemen Aset

    Manajemen aset adalah kombinasi dari manajemen, keuangan, ekonomi, tehnik mesin dan praktek kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan agar mampu menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efesien.