penilaian properti Uang adalah modal yang pada pemanfaatannya menimbulkan bunga. Bunga adalah konpensasi produktif dari penggunaan sumber daya uang yang efektif. Jangka waktu dan tingkat bunga menimbulkan nilai yang berbeda dari uang yang dikenal sebagai nilai waktu uang/ time value of money.

Read more: Mathematika Penilaian  

appraisalNampaknya bicara obyektif dan terbuka sedang ngetrend belakangan ini. Kalau Bu Susi Menteri Perikanan dan kelautan bilang kaget karena Indonesia hanya punya 70 kapal patroli dan yang aktif hanya 10, dan dengan subsidi BBM 11 trillyun hanya menghasilkan PNBP 300 milyar sehingga timpang sekali.  Sedang Dewan Penilai MAPPI juga secara obyektif dan terbuka membuat pernyataan tentang kondisi praktisi penilai yang merupakan penilai berizin namun ternyata tidak kompeten menilai. Sikap terbuka Bu Susi  dan juga Dewan Penilai itu sangat positif untuk mawas diri dan mengkoreksi diri agar mampu memperbaiki diri dengan membuat langkah yang lebih baik lagi.  Praktisi penilai di Indonesia agar bisa memberikan jasa penilaian kepada publik harus mempunyai izin dari Menteri Keuangan. Walaupun semua praktisi menjadi anggota MAPPI namun mereka berasal dari 2 asosiasi yang berbeda. Praktisi penilai properti umumnya berasal dari MAPPI sedang praktisi penilai usaha (penilai bisnis) mayoritas berasal dari IPPUI (Ikatan Profesi Penilai Usaha Indonesia) yang lalu melebur kedalam MAPPI sesuai kebijakan pemerintah.

Read more: Praktisi penilai di Indonesia  

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan adalah pajak atas bumi dan/atau bangunan yang dimiliki, dikuasai, dan/atau dimanfaatkan oleh orang pribadi atau Badan, kecuali kawasan yang digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan, dan pertambangan.

Read more: Pengalihan PBB P2 ke Pemkab/Pemkot  

valuer In Indonesia even though valuation activity has existed since Dutch colonial era, and private sector started in 1967 when the government began to invite foreign investment, the term of valuer is still not known by too many people because valuer’s service is yet to develop.

Read more: Valuation Practices in Indonesia