penilaian properti Dalam penilaian property diperlukan adanya penilaian agunan terkait dengan pemberian kredit atau pembiayaan pemilikan properti, kredit atau pembiayaan konsumsi beragun properti, dan kredit atau pembiayaan kendaraan bermotor. berdasarkan rasio loan to value oleh Bank Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan penilaian terhadap berbagai moda pembiayaan tersebut MAPPI telah mengeluarkan pedoman sebagaimana disajikan di bawah berikut ini.

Read more: Penilaian untuk pembiayaan (Loan to value)  

penilaian properti UU No. 2 tahun 2012 telah diberlakukan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembebasan tanah yang akan digunakan untuk kepentingan umum seperti membangun sodetan kali Ciliwung yang mengalirkan air ke Kanal Banjir Timur. Berikut ini adalah artikel tentang penilaian yang mengikuti petunjuk tehnis yang dimuat dalam SPI 306

Read more: Penilaian Pembebasan Tanah Untuk Kepentingan Umum  

penilaian properti Uang adalah modal yang pada pemanfaatannya menimbulkan bunga. Bunga adalah konpensasi produktif dari penggunaan sumber daya uang yang efektif. Jangka waktu dan tingkat bunga menimbulkan nilai yang berbeda dari uang yang dikenal sebagai nilai waktu uang/ time value of money.

Read more: Mathematika Penilaian  

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan adalah pajak atas bumi dan/atau bangunan yang dimiliki, dikuasai, dan/atau dimanfaatkan oleh orang pribadi atau Badan, kecuali kawasan yang digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan, dan pertambangan.

Read more: Pengalihan PBB P2 ke Pemkab/Pemkot  

valuer In Indonesia even though valuation activity has existed since Dutch colonial era, and private sector started in 1967 when the government began to invite foreign investment, the term of valuer is still not known by too many people because valuer’s service is yet to develop.

Read more: Valuation Practices in Indonesia