Sekilas tentang Penulis

Agus Prawoto SH MA MAPPI

Penulis adalah Praktisi Penilai Bisnis (Penilai Berizin dari Menkeu) yang menyelesaikan pendidikan SMUnya di SMAN I Surakarta, kemudian meneruskan S1nya di FHUI Jakarta dan mendapatkan gelar Master Of Art di bidang ekonomi dari University of Colorado at Boulder, Amerika Serikat. Penulis bekerja di Kementerian Keuangan dalam berbagai tugas seperti  di Biro Umum sebagai Protocol Officer, di  Direktorat Lembaga Keuangan Ditjen Lembaga Keuangan, Direktorat Asuransi, Direktorat Akuntan dan Jasa Penilai sebagai Pembina MAPPI dan bahkan sempat ditugaskan di Mahkamah Konstitusi sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol dan kepala Puslitka.

Berbagai training yang sempat diikuti antara lain adalah International and American Laws di University of Texas at Richardson, Asian Seminar di Taipei Taiwan  dan Tokyo Jepang, Insurance Examination di Honolulu,Hawaii, Asean Internship Program  on Insurance di Korea, Bank Management Risks dll.

Selanjutnya menduduki jabatan fungsional widyaiswara di Pusdiklat Pajak yang banyak mengampu berbagai mata diklat seperti leadership, manajemen stratejik, manajemen risiko, pengantar  hukum pajak, penilaian properti, penilaian usaha dll. Selain itu penulis juga mengajar pada perbagai lembaga lain seperti STAN mengajar penilaian properti dan keuangan publik, di Pusdiklat Perimbangan Keuangan mengajar penilaian bisnis, di Pusdiklat Bank Mandiri, Bank Riau serta Pusdiklat Bank BNI mengajar para analis kredit tentang penilaian properti.

Kemudian dalam kaitannya dengan penyerahan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan dari pemerintah pusat ke Pemkab dan Pemkot maka penulis juga membantu pemda seperti Pemprov I Jawa Barat, Pemkot Tangsel, Pemkab Sukabumi, Pemkab Rokan Hulu dll mengajar penilaian  PBB P2.

Karya tulis/buku yang berhasil dipublikasikan dan digunakan oleh masyarakat dalam berbagai keperluan adalah :

1. Hukum Asuransi dan Kesehatan Perusahaan Asuransi Berdasarkan Risk Based Capital;

2. Teori dan Praktek Penilaian Properti yang sudah pada dicetak dalam fase revisi;

3. Penilaian Usaha (dalam revisi)

4. Penilaian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan;

5. Soal Jawab Penilaian khusus didekasikan untuk yang akan menempuh Ujian Sertifikasi Penilai USP) di MAPPI dan

6. Pengantar Keuangan Publik yang juga penting bagi PNS Pusat dan PNS Daerah.

Penulis sebagai penilai profesional sangat siap melayani anda memberikan jasa penilaian bisnis dan menuntun anda belajar penilaian sehingga benar-benar mampu menilai baik penilaian bisnis maupun penilaian properti serta jasa konsultasi lainnya. Testamen dari pemda, STAN, Pusdiklat Pajak, perbankan dll menjadi bukti atas profesionalisme yang dikembangkan oleh penulis.

Harapan penulis adalah semoga segala kegiatan yang telah dilakukan tersebut di atas, termasuk pengabdiannya sebagai ketua RTyang telah dijalani dengan ikhlas  dan penuh tanggung jawab, terbuka dan  akuntable selama 10 (sepuluh) tahun dengan membuat laporan triwulanan kepada warga sesuai dengan ketentuan AD/ART  RT/RW DKI diterima oleh Sang Cholik Sang Pencipta.Amin.